Kawah Sikidang Dieng, Wisata Populer di Wonosobo

Posted on

Kawah Sikidang Dieng – Pesona Dieng sudah tak bisa ditampik lagi, berbagai obyek wisata ciamik terlahir di kawasan ini. Selain telaga dan juga bukit terdapat juga pesona kawah yang tak kalah cantik yakni Kawah Sikidang.

Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang masih termasuk dalam kawasan Dataran Tinggi Dieng. Kawasan ini tak hanya memiliki satu kawah namun  diantara kawah-kawah yang lain, Kawah Sikidang termasuk yang paling mudah dicapai. Letaknya pun di tanah datar sehingga sangat mudah untuk dinikmati.

Kawah ini masih menujukan aktivitas-aktivitas vulkanik sehingga menjadi daya tarik yang cukup memikat. Terbentuk karena letusan gunung berapi raksasa pada beberapa ratus tahun silam membuat kawasan ini begitu apik.

Keunikan dari Kawah Sikidang terletak pada lokasinya, jika biasanya kawah terletak di puncak gunung, Kawah Sikidang justru tertelak di tanah datar dengan lumpur yang meletup-letup. Asapnya terlihat berwarna putih pekat nampak mengepul diudara sehingga menambah keeksotisan Kawah Sikidang.

Hampir semua tempat di Kawah Sikidang menjadi tempat menarik untuk melakukan aktivitas fotografy.  Karena hampir seluruh tanah di sekitar kawasan ini memutih disebabkan oleh kandungan sulfur dan terlihat sangat cantik. Jika tidak dapat menghasilkan gambar yang apik sobat dapat menyewa fotografer yang berada disekitar kawasan ini. Ada juga burung hantu jinak yang sengaja disewakan oleh penduduk sekitar untuk aktivitas yang satu ini.

Sikidang menunjukan fenomena alam yang dinilai cukup unik, disebutkan oleh masyarakat bahwa kawah ini dapat berpindah-pindah. Kawah yang berpindah ini nampak seolah melompat-lompat seperti seekor Kijang. Tak pelak banyak yang menyebutkan kawah ini sebagai Kawah Sikidang.

Seperti halnya kawah pada umumnya di kawah ini juga terdapat lubang-lubang dengan air yang mendidih. Lubang atau kolam kecil ini kemuddian banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk merebus telur. Untuk telurnya sendiri sobat tak perlu membawanya dari rumah, disini sudah banyak pedagang yang menjualnya. Jika berkunjung ke Kawah Sikidang jangan lupa mencicipi telur rebusnya yaa 🙂

Kawah Sikidang Dieng

Lokasi Kawah Sikidang Dieng

Beralamat di Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, Kawah Sikidang memiliki akses yang cukup mudah. Letaknya tak jauh dari Candi Arjuna dan Candi Bima sehingga biasanya mereka yang berkunjung ke candi ini akan langsung mampir ke Kawah Sikidang.

Kawah Sikidang Dieng

Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang Dieng

Harga tiket yang dikenakan sangatlah murah hanya Rp.10.000,- untuk tiga obyek wisata sekaligus. Tiket ini merupakan tiket masuk terusan dari komplek wisata Candi Bima dan candi Arjuna. Kawah Sikidang beroperasi mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB.

Karena kawah ini memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi sehingga disarankan agar pengunjung menggunakan masker. Agar tidak keracunan gas pengunjung juga diharuskan untuk mematuhi peraturan atau rambu-rambu yang ada. Hal lain yang tidak boleh dilakukan adalah membuang puntung rokok sembarangan karena bisa mengakibatkan ledakan.

Demikian pesona Kawah Sikidang Dieng yang mengagumkan, semoga info ini dapat menambah list wisata anda. Terus simak info wisata terbaru dari kami yaa 🙂 Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *