Wisata Kampung Budaya Sindangbarang Bogor

Posted on

Kampung Budaya Sindangbarang – Mengunjungi Kota Bogor tak akan lengkap rasanya jika hanya mengunjungi wisata alamnya saja. Karena ada tempat wisata lain yang harus anda kunjungi yakni Kampung Budaya Sindangbarang. Disini sobat akan diajak untuk mengenal lebih jauh tentang budaya Sunda dan segala serba-serbinya.

Wisata Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang

Deskripsi Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang merupakan perkampungan tertua untuk wilayah Kota dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pernyataan ini dipertegas oleh bukti naksah Pantun Bogor dan Babad Pajajaran. Diperkirakan Kerajaan Sunda sudah ada sejak kurang lebih pada abad ke XII.

Dahulu di tempat inilah terdapat Kerajaan Bawahan yang bernama Sindangbarang, kerajaan ini beribukota di Kutabarang. Diceritakan para prajurit dilatih dan digembleng untuk menjadi seorang kesatria yang hebat. Di kawasan ini pula awal mula kebudayaan Sunda Bogor berasal dan bertahan hingga saat ini.

Sindangbarang dimaksudkan sebagai suatu tempat pelestarian kesenian tradisioanal Sunda yang sudah ada sejak jaman dahulu. Seiriing berjalannya waktu dan berkembangnya teknlogi kesenian dan budaya mulai hilang. Karenanya diselenggarakan pelatihan tari dan gamelan untuk para generasi muda secara gratis.

Dari pelatihan ini kemudian mereka yang mahir akan diikutkan dalam pementasan atau pertunjukan untuk menghibur para tamu yang datang ke Kampung Budaya Sindangbarang. Setidaknya terdapat 8 macam kesenian daerah Sunda yang telah direvitasisasi dan dilestarikan oleh masyarakat.

Kampung Budaya Sindangbarang

Untuk menjaga secara agar seni dan kebudayaan ini tetap utuh, diselenggarakan upacara adat Seren Taun. Upacara ini bertujuan sebagai ungkapan syukur penduduk Sindangbarang kepada sang pencipta atas hasil panen yang diperoleh. Dengan upacara ini diharapkan pula agar hasil panen selanjutnya menjadi lebih baik.

Area yang memiliki luas 8.600 meter persegi ini memiliki Bangunan Rumah adat serta peninggalan lainnya seperti situs purbakala dan punden berundak masih terjaga dengan baik hingga saat ini. Kampung Budaya Sindangbarang pun telah bekerja sama dengan FIB UI untuk melakukan penelitian, dokuentasi dan penyelenggaraan seminar tentang peninggalan Padjajaran yang ada.

Agar Kampung Budaya Sindangbarang tak hanya sebatas cerita bagi anak cucu kita kelak. Penduduk setempat menjaga dan mempromosikan tempat ini agar terekspose dengan baik. FIB UI juga turut membantu dengan mencoba membukukan cerita Sindangbarang agar dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Kampung Budaya Sindangbarang

Berkunjung ke Kampung Budaya Sindangbarang akan memberikan pengalaman yang unik dan mengesankan. Pasalnya disini anda akan diajak untuk merasakan sensasi hidup disebuah perkampungan tradisional. Disini pula anda akan diajak untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Anda akan tinggal dan hidup bersama para kokolot kampung Sindangbarang.

Untuk kegiatan sehari-hari para penduduk masihlah sangat tradisional. Kampung ini sengaja dijaga agar tak tersentuh oleh kecanggihan teknologi. Kegiatan memasak para ibu-ibu masih menggunakan kayu bakar dan hawu yakni sebuah kompor tradisional.

Sedangkan untuk memasak nasi biasanya mereka akan menumbuknya terelebih dahulu di lisung. Lisung merupakan alat penumbuk padi tradisional yang telah digunakan sejak jaman dahulu. Kegiatan lain yang dilakukan oleh para penduduk Sindangbarang adalah bercocok tanam. Semua itu dapat anda pelajari hanya di Kampung Budaya Sindangbarang, Bogor.

Kampung Budaya Sindangbarang

Selain kegiatan yang mimin sebutkan diatas, terdapat aktivitas lain yang dapat anda lakukan di Kampung Budaya Sindangbarang antara lain : trekking ke situs purbakala, belajar karawitan Sunda, Belajar tari klasik dan kreasi, Rafting di Sungai Ciberang, membaca buku di perpustakaan dan masih banyak lagi. Jika pengunjung merasa lelah anda dapat merasakan sensasi pijat untuk mengendorkan otot kaki anda yang tegang.

Seluruh kegiatan di Kampung Budaya Sindangbarang dilakukan oleh para kokolot Kampung. Penghasilan keseluruhan yang didapat dari kegiatan wisata ini murni ditujukan untuk merawat rumah-rumah adat serta budaya yang ada. Inilah salah satu keunikan kampung budaya yang ada di Sindangbarang dibandingkan dengan kampung budaya yang lain.

Spot menarik lainnya di Kampung Budaya Sindangbarang adalah peninggalan purbakala yang disebut dengan Taman Sri Bagenda Sindangbarang. Taman ini merupakan kolam dengan ukuran 15 x 45 meter dan 33 buah titik Punden berundak. Tempatnya yang asri dan udaranya yang segar serta budayanya yang kental menjadi daya tarik tersendiri.

Kampung Budaya Sindangbarang

Lokasi Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang merupakan tempat unik yang berlokasi di Jl. Endang Suawijaya, RT. 02 / RW. 08 Sindangbarang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Pasireurih, Bogor, Jawa Barat. Jika sobat bertolak dari Pusat Kota Bogor jaraknya hanya 5 kilometer.

Harga Tiket Masuk Kampung Budaya Sindangbarang

Harga tiket yang dikenakan untuk lokasi ini sangat murah hanya sekitar Rp.100.000,- apabila anda hanya ingin berwisata selama sehari. Dalam sehari anda akan diajak melakukan setidaknya 8 kegiatan. Jika ingin menginap tentu biaya yang dikeluarkan berbeda.

Demikian pesona budaya di Sindangbarang, Bogor yang dapat kami informasikan. Tempat wisata budaya ini merupakan tempat yang cukup unik yang dapat kami rekomendasikan kepada sobat traveller yang ingin berkunjung ke Bogor. Simak info wisata lainnya di Wisatabagus.net yaa 🙂

Wisata lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *