Malioboro Street Yogyakarta | Wisata Belanja dan Sejarah Legendaris

Posted on

Malioboro Street Yogyakarta | Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pendidikan memiliki obyek wisata sejarah dan belanja yang sangat populer. Tempat ini sudah sangat legendaris dan menjadi kebanggaan warga Jogja. Kawasan wisata belanja dan sejarah yang populer ini disebut dengan Jalan Malioboro Jogja atau Malioboro Street Yogyakarta.

Wisata Belanja di Jalan Malioboro Jogja

Malioboro Street Yogyakarta

Malioboro Yogyakarta merupakan sebuah kawasan yang di bangun sejak masa Pemerintahan Kolonial Belanda. Bangunan yang sudah ada sejak abad ke -19 ini merupakan sebuah pusat perekonomian serta pemerintahan.

Asal Usul Nama Malioboro

Asal mula penamaan dari Malioboro adalah Penamaan Malioboro berasal dari nama seorang anggota kolonial Inggris bernama Marlborough yang dulunya pernah menduduki Jogja pada tahun 1811 โ€“ 1816 Masehi.

Bangunan-bangunan Bersejarah di Malioboro Jogja

Sudah disebutkan bahwa Malioboro merupakan kawasan sejarah dan sebagai pusat perekonomian serta pemerintahan. Kerananya terdapat beberapa bangunan bersejarah seperti :

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg merupakan bangunan yang didirikan pada tahun 1765. Saat ini benteng tersebut dikenang menjadi sebuah museum yang di buka secara umum sebagai tempat wisata.

Istana Keresidenan Kolonial

Istana Keresidenan Kolonial merupakan sebuah bangunan yang digunakan sebagai Istana Presiden Gedung Agung di tahun 1832M.

Pasar Beringharjo (Hotel Garuda)

Pasar Beringharjo (Hotel Garuda) merupakan sebuah bangunan yang pada masanya digunakan sebagai tempat menginap dan berkumpul para elit kolonial.

Kawasan Pertokoan Malioboro

Kawasan Pertokoan Malioboro menjadi pusat perekonomian kolonial.

Baca juga :ย Desa Kedungmiri Imogiri Bantul Yogyakarta โ€“ Desa Wisata Nan Asri di Selatan Jogja

Wisata Belanja dan Sejarah di Malioboro Street Yogyakarta

Malioboro Street Yogyakarta sebagai Pusat Wisata Belanja

Malioboro merupakan kawasan wisata sejarah dan wisata belanja yang populer baik di Jogja maupun diluar Jogja. Segala aktivitas belanja ada mulai dari aktivitas tradisional sampai hingga aktivitas belanja modern.

Di kawasan ini dijual berbagai jenis cendramata khas Jogja baik kaos, baju, batik, maupun berbagai jenis lainnya. Terdapat juga kerajinan dari kayu, kerajinan dari perak dan kerajinan gerabah.

Harga Souvenir di Malioboro Street Yogyakarta

Harga souvenir yang dijual dikawasan ini cukup bervariasi mulai dari harga Rp.1.000,- untuk gantungan kunci serta berbagai souvenir lainnya dengan harga yang murah mulai dengan Rp.5.000,- Sedangkan untuk kaos bervariasi mulai dengan harga Rp.20.000,-

Lokasi Malioboro Street Yogyakarta

Lokasi Malioboro Street Yogyakarta

Malioboro Street Yogyakarta beralamat di Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta Deaerah Istimewa Yogyakarta.

Akses ke Lokasi Malioboro Street Yogyakarta

Akses menuju ke lokasi sangatlah mudah anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan sarana transportasi umum seperti Bus yakni Dari Terminal Giwangan atau halte yang tersebar di kota Yogyakarta menggunakan bus kota jalur 4 dan bus Transjogja trayek 3A atau 3B.

Pengunjung juga dapat menggunakan kendaraan pribadi berupa motor maupun mobil ๐Ÿ™‚ Oh iya guys untuk alamat lengkapnya anda dapat melihat peta ataupun maps dari ponsel pintar anda.

Baca juga :ย Upside Down World Jogja | Sensasi Berfoto di Ruang Terbalik di Yogyakarta

Inilah informasi wisata belanja dan sejarah Malioboro Street Yogyakarta. Wajib banget yaa bagi sobat untuk mampir ke tempat ini ๐Ÿ™‚ Sampai jumpa pada artikel selanjutnya di Wisatabagus.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *