Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta, Spot Selfie Paling Top

Posted on

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta, Spot Selfie Paling Top

Hutan Pinus Mangunan – Libur panjang telah tiba namun masih bingung menentukan destinasi wisata? Yuk berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan. Obyek wisata ini tengah ngehits loh disocial media, banyak sekali muda-mudi yang berburu foto di lokasi ini. Panorama alam yang disuguhlan oleh Hutan Pinus Mangunan hapir mirip dengan suasana hutan pinus yang ada di film “Twillight”. Sudah dapat sobat bayangkan kan bagaimana keindahanya? Suasana sejuk dan nyaman akan langsung anda rasakan setinanya di kawasan ini. Hutan Pinus Mangunan menjadi lokasi wisata yang cocok digunakan untuk melepas penat.

Sebelum menjadi lokasi wisata yang sangat indah, Hutan Pinus Mangunan merupakan sebuah tanah tandus. Kemudian pada akhirnya pemerintah setempat mengadakan reboisasi dengan menanam rratusan pohon pinus, kemiri, kayu putih, akasia, dan mahoni. Reboisasi ini ditujukan untuk menghijaukan kembali area-area tandus yang ada di Jogjakarta. Selang beberapa tahun kemudian area ini menjadi kawasan hutan yang hijau dan rimbun dan kemudian menarik perhatian masyarakat. Hingga pada akhirnya kawasan khusus yang ditumbuhi oleh pohon pinus dijadikan kawasan wisata yang apik dan mempesona.

Pohon-pohon yang tumbuh tinggi menjulang tentu memberikan kesan yang menentramkan. Sinar matahari pun tak mampu menembus lebatnya kawasan hutan pinus, jadi pengunjung tak perlu takut tersengat sinar matahari. Udara di kawasan ini juga begitu segar sehingga anda akan merasakan efek relaksasi. Pengunjung akan dibuat nyaman dengan suasana serta panorama alam yang disuguhkan. Segala macam pekerjaan dan rutinitas yang menggangu pikiran anda akan terlupakan setibanya dikawasan ini. Hutan Pinus Mangunan memang menawarkan suasana yang sangat kontras dengan hiruk pikuk dan bisingnya kota metropolitan. Tak heran jika lokasi wisata ini mampu menyedot ribuan pengunjung setiap tahunnya.

Banyak sekali fasilitas yang telah dibangun di lahan seluas 500 hektar ini seperti gardu pandang dan fasilitas umum lainnya. Di area ini juga telah dibangun panggung terbuka yang dapat digunakan untuk menggelar pertunjukan ataupun konser. Anda juga dapat mengunjungi lokasi ini kapanpun anda mau tanpa harus memeikirkan waktu kunjungan terbaik. Karena setiap saat merupakan waktu terbaik untuk menikmati suasana Hutan Pinus Mangunan yang masih sangat alami. Dipagi hari anda dapat merasakan suasana sejuk dan disiang serta sore hari semilir angin turut seta menemani perjalanan wisata anda.

Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Aktivitas menarik yang dapat anda lakukan di Hutan Pinus Mangunan

Photo Session

Keindahan panorama alam yang disajikan oleh Hutan Pinus Mangunan menjadikan obyek wisata ini sebagai tempat terfavorit untuk hunting foto. Hampir disemua lokasi dikawasan ini merupakan spot yang menarik. Sobat bisa berfoto diantara pohon pinus, duduk-duduk di sekitar panggung pertunjukan atau pun berfoto diatas gardu pandang. Expresikan seluruh gayamu dengan mengunjungi tempat ini yaa 🙂

Piknik

Kawasan ini tak hanya diperuntukan untuk muda-mudi saja, bagi pengungjung yang ingin menikmati liburan bersama keluarga tercinta sobat bisa datang ke Hutan Pinus Mangunan. Selain berselfie ria, anda bisa mengadakan piknik bersama keluarga dengan menggelar tikar, membawa bekal makanan, dan menikmati semilir angin sembari bercengkrama bersama keluarga. Hal yang perlu diingat adalah jangan lupa untuk membersihkan bekas piknik anda dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Jadilah traveller yang baik yaa guys 🙂

Trekking

Bagi yang berjiwa petualang boleh nih mencoba aktivitas yang satu ini. Dikawasan ini terdapat sumber mata air Bengkuang yang merupakan spot menarik untuk anda telusuri. Untuk tiba di mata air Bengkuang anda harus menyusuri jalur outbond Watu Abang dengan menembus kawasan hutan yang cukup rapat. Trekking di kawasan ini akan memberikan kesan tersendiri serta pengalaman yang tak terlupakan.

Hammocking

Ingin menikmati udara segar dan suasana alam yang mempesona? Yuk duduk-duduk santai diatas hammocking dan membaca buku kesayangan anda atau berbaring sembari mendengarkan musik. Suasana yang asri dan udaranya yang segar pastilah terasa sangat menyenangkan. Pastikan anda membawa perlengkapan sendiri yaa jika ingin menikmati aktiitas yang satu ini. Karena pihak pengelola belum menyediakan fasilitas ini.

Duduk-duduk di bangku kayu

Seperti yang sudah mimin paparkan bahwa di kawasan ini telah dibangun panggung pertujukan terbuka. Panggung ini terbuat dari kayu dan terdapat pula kursi penonton yang terbuat dari kayu. Nah spot ini merupakan salah satu spot yang menarik yang dapat anda gunakan untuk bersantai atau melakukan sesi foto.

Naik ke Menara Pandang

Menara pandang atau gardu pandang di Hutan Pinus Mangunan merupakan area yang dibangun guna memanjakan aktivitas wisata anda. Tempat ini hampir mirip bentuknya dengan sebuah rumah kayu. Pengunjung dapat melihat keindahan pesona alam melalui tempat ini.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan berlokasi di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten bantul, Provinsi Yogyakarta. Untuk dapat sampai ke lokasi ini pengunjung membutuhkan waktu sekitar 60 menit jika anda bertolak dari pusat Kota Yogyakarta. Jaraknya hanya sekitar 23 kilometer. Aksesnya cukup mudah dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Salah satu kelebihan dari obyek wisata Hutan Pinus Mangunan adalah harga tiketnya yang murah. Pengunjung hanya perlu membayar uang parkir sebesar Rp.3000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp.10.000,- untuk kendaaan roda empat. Di lokasi ini sudah tidak dikenakan biaya retribusi, murah sekali bukan? Sangat tidak sebanding dengan pesona yang disuguhkannya.

Foto Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan

 

Yuk berwisata ke Hutan Pinus Mangunan dan dapatkan moment yang tak terlupakan. Semoga liburan anda mengesankan yaa 🙂 Simak terus info wisata terbaik dan terpopuler dari berbgai daerah hanya di wisatabagus.net

Wisata lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *