Hunting Sunrise Terindah di Bukit Sikunir Dieng Wonosobo

Posted on

Bukit Sikunir Dieng Wonosobo | Keindahan panorama alam Dataran Tingi Dieng sangat memukau hingga mampu mendatangkan turis baik dari dalam maupun luar negeri. Selain Telaga Warna, Bukit Sikunir juga menjadi obyek wisata andalan bagi kawasan ini.

Bukit Sikunir Dieng

Wisata Bukit Sikunir Dieng Wonosobo

Bukit Sikunir terkenal akan golden sunrisenya yang sangat indah. Berburu sunrise menjadi salah satu aktivitas favorit yang dilakukan oleh pengunjung. Meskipun Bukit Sikunir merupakan bukit yang kecil nyatanya banyak yang menyebutkan bahwa di tempat ini merupakan spot terindah untuk melihat sunrise.

Ketinggian Puncak Sikunir mencapai 2.463 meter diatas permukaan laut dan memiliki udara yang cukup segar. Suhu disekitar kawasan ini berkisar antara 6 hingga 10 derajat Celcius.

Suasana sekitar Sikunir mampu memanjakan pengunjung yang datang ke lokasi. Karena keindahan dan suasananya Bukit Sikunir menjadi salah satu destinasi favorit kawasan Dieng.

Nama Sikunir sendiri diambil dari kata “Kunir” dalam bahasa Jawa yang artinya kunyit yakni sejenis rempah-rempah yang digunakan untuk bumbu masak maupun obat-obatan. Dinamakan demikian karena ketika matahari terbit pantulan sinar matahari yang nampak diatas bukit membuat kawasan disekitarnya terlihat kekuningan seperti warna kunyit. Oleh karena itu masyarakat sekitar menyebutnya dengan Bukit Sikunir.

Baca Juga : Wisata Outbond Seru di Ciwangun Indah Camp (CIC) Lembang Bandung

Rute Pendakian Bukit Sikunir Dieng

Rute Bukit Sikunir Dieng Wonosobo

Basecamp Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan yang merupakan Desa tertinggi di Pulau Jawa. Sembungan menjadi spot yang familiar untuk para pendaki memulai pendakiannya ke puncak Bukit Sikunir. Jarak dari bascamp menuju puncak Sikunir hanya sekitar 800 meter sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Medan yang akan sobat lalui menuju puncak Sikunir cukup mudah. Pendaki akan mulai melakukan pendakian dari basecamp hingga ke Pos 1 jalur berupa jalan batu menanjak jaraknya sekita 450 meter.

Jika sobat lelah, dapat berhenti di pos ini karena di Pos ini pun pengunjung sudah dapat menyaksikan keindahan sunrise. Namun jika ingin menyaksikan sunrise lebih nyata anda harus melalui pos 1 menuju ke puncak Bukit Sikunir dengan jalur berupa tanah.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Sikunir adalah pada musim Kemarau yakni Bulan Juli hingga Agustus. Karena pada saat itu kawasan sekitar sangat cerah sehingga keindahan Golden Sunrise akan terlihat lebih jelas. Jalur pendakian pun akan terasa lebih mudah ketika musim kemarau.

Baca Juga : Gili Kendis | Si Mungil Cantik dari Lombok

Penginapan di Bukit Sikunir Dieng

Pendakian Puncak Sikunir Dieng

Sebelum melakukan pendakian hendaknya menyiapakan sarana dan prasarana yang memadahi. Karena suhunya cukup dingin kami sarankan agar menggunakan pakaian yang tebal dan juga jaket. Biasanya pendakian dimulai pada pukul 2 hingga 3 dini hari agar dapat menyaksikan detik-detik munculnya Golden Sunrise jadi pastikan anda mengecek perlengkapan sebelum keberangkatan.

Harga Tiket Masuk Bukit Sikunir

Biaya yang dikenakan untuk memasuki wilayah Sikunir adalah sekitar Rp.12.000,- Biaya tersebut sudah termasuk biaya parkir sepeda motor. Di kawasan ini sudah tersedia berbagai fasilitas penyewaan seperti tenda sleeping bed dan lain sebagainya.

Tertarik mengunjungi Bukit Sikunir? Yuk datang ke Desa Sembungan, Tieng Kejajar, Kabupaten Wonosob, Jawa Tengah. Jangan lupa ajak teman-teman anda yaa agar pendakian anda terasa lebih menyenangkan 🙂 Sampai jumpa di Wisatabagus.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *