Curug Lawe Semarang, Keindahan yang Tersembunyi

Posted on

Curug Lawe Semarang – Yuk menghilangkan penat dengan bermain air di Curug Lawe. Curug Lawe termasuk dalam salah satu destinasi wisata di Semarang yang mampu menyuguhkan panorama mengagumkan. Banyak wisatawan yang menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke tempat ini baik ketika liburan maupun hari biasa.

Curug Lawe Semarang, Keindahan yang Tersembunyi

Wisata Curug Lawe Semarang

Deskripsi Curug Lawe Semarang

Disebut dengan Curug Lawe karena konon ceritanya berawal dari jumlah air terjun yang ada di Curug Lawe. Jika dihitung jumlah keseluruhan air yang terjun di Curug Lawe baik yang besar maupun yang kecil adalah 25. Angka 25 dalam bahasa Jawa disebut dengan Selawe, hal inilah yang dijadikan patokan sebagai pemberian nama untuk Curug Lawe.

Terletak di Kota Semarang Curug Lawe menjadi salah satu destinasi yang cukup populer. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktu mereka untuk menengok keeksotisan air terjun ini. Jumlah turis baik lokal maupun asing semakin bertambah setiap tahunnya. Hal ini membuktikan bahwa Curug Lawe mampu bersaing dengan obyek wisata lainnya di Kota Semarang.

Keunikan dari Curug Lawe adalah keindahan air terjun yang jatuh dari tebing cekung. Tebing milik Curug Lawe memang agak cekung dengan reruputan hijau yang tumbuh disekelilingnya. Suasananya yang sejuk dan asri mampu memanjakan pengunjung.

Curug Lawe Semarang

Memiliki ketinggian 2.050 meter diatas permukaan laut dan terletak di sebuah lereng Gunung Unggaran, Curug Lawe memiliki udara yang sangat segar. Bagi sobat yang ingin mencari ketenangan dengan suasana yang sangat rileks sobat bisa nih bermain-main di lokasi ini. Karena tempat ini memang memberikan pemandangan yang sangat kontras dengan yang disuguhkan oleh Kota Besar. Kesan nyaman dan tenang akan langsung anda dapatkan setibanya anda di lokasi ini.

Untuk dapat menikmati panorama alam yang disuguhkan oleh Curug Lawe sobat harus melaluinya dengan berjalan kaki sekitar satu jam lamanya. Jalur yang akan anda lalui cukup mudah jadi sobat tak perlu khawatir. Namun anda harus berhati-hati karena medan dikawasan ini rawan longsor.

Disepanjang trekking menuju ke curug sobat akan menyaksikan panorama alam lereng Gunung Unggaran. Sebelum sampai ke lokasi air terjun pengunjung akan melewati sebuah jembatan yang cukup cantik. Lokasi inilah yang menjadi salah satu spot menarik untuk berfoto.

Terdapat banyak flora dan fauna endemik yang mendiami lereng Gunung Unggaran. Jika beruntung pengunjung dapat bertemu dengan hewan-hewan liar disepanjang jalan menuju air terjun. Beberapa hewan diantaranya monyet, burung dan ada juga sejenis kera putih atau yang disebut oleh masyarakat sekitar dengan nama lutung.

Curug Lawe berlokasi di Desa Kalisidi, Kecamatan Unggaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya tidak jauh dari Kota Semarang hanya berjarak sekitar 12 kilometer. Jika sobat kebetulan bertolak dari Kota Unggaran hanya menempuh perjalanan sekitar 7 kilometer.

Curug Lawe Semarang

Rute Menuju Curug Lawe

Akses jalan menuju lokasi ini sudah cukup baik sehingga akan memudahkan perjalanan anda. Jalur yang garus ditempuh jika sobat bertolak dari Alun-alun Kota Unggaran adalah :

  • Alun-alun Kota Unggaran > Mapangan > Boja > Sumur Gunung > Perkebunan Teh Zanzibar > Curug Lawe

 

Sudah disediakan sarana dan prasarana penunjang wisata di sekitar obyek wisata Curug Lawe hanya saja belum memadahi. Untuk warung-warung makanan sudah ada namun disarankan untuk membawa bekal sendiri, karena warung-warung ini tidak buka sampai sore.

Di kawasan Curug Lawe terdapat obyek wisata air terjun yang dinamakan dengan Curug Benowo. Jaraknya tidak terlalu jauh anda dapat menempuhnya hanya dengan sekitar 30 menit perjalanan. Selain Curug Benowo terdapat juga air terjun Sendang Pengantin. Hal ini memungkinkan sobat untuk berpindah dari satu air terjun ke air terjun yang lain mengingat lokasinya yang berdekatan.

Jika ingin mengunjungi tempat wisata ini sebaiknya datanglah lebih pagi karena Curug Lawe ditutup pada pukup 3 sore. Jalur trekking yang cukup licin mengharuskan anda untuk waspada, gunakan alas kaki yang baik. Pengunjung tidak disarankan menggunakan sandal jepit.

Satu hal lagi yang perlu diingat ketika berkunjung ke Curug Lawe adalah tidak membuang sampah sembarangan. Karena sebagai traveller yang baik tentunya sobat juga harus bisa menjaga kelestarian lingkungan.

Demikian informasi wisata Curug Lawe dari Semarang, semoga bermanfaat dan mampu menambah list wisata anda. Yuk explore keindahan Curug Lawe agar tempat ini semakin populer. 🙂  Stay di Wisatabagus.net yaa jangan sampai ketinggalan informasi wisata yang ngehits dan kekinian, See You Arround 🙂

Wisata lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *