Curug Jaga Pati – Tempat Wisata Alam Tersembunyi di Garut Jawa Barat

Posted on

Curug Jaga Pati – Salam jumpa guys, kali ini admin Wisatabagus.net akan mengajak anda untuk menelusuri keindahan sisi lain Jawa Barat. Karena tak hanya wisata di Ciwidey, Bandung dan sekitarnya saja yang layak untuk dikunjungi.

Ada lagi tempat wisata air terjun di Jawa Barat yakni tepatnya berada di Kabupaten Garut yang menarik untuk dikunjungi. Pemandangan dan karakteristik dari air terjun ini hampir mirip dengan Curug Panjang.

  Wisata Curug Jaga Pati Garut Jawa Barat

Wisata Curug Jaga Pati garut

Air terjun ini memiliki lintasan yang cukup panjang, bukan terjun dari sebuah tebing melainkan turun memanjang melalui celah sempit yang ada di tengah-tengah antara kedua tebing.

Tebing kokoh dikanan dan kiri serta pemandangan hijau menjadi background yang sangat sempurna bagi kawasan ini. Meski membutuhkan perjuangan yang cukup sulit agar sampai ke lokasi namun perjuangan anda akan terbayarkan setibanya anda di lokasi.

Aliran air terjun Jaga Pati berasal dari Sungai Cilimbung yang jernih. Curug ini pun memiliki kolam yang dapat anda gunakan untuk berenang maupun menyegarkan diri. Airnya yang jernih terasa sangat menyegarkan tubuh.

Sejarah dan Mitos Curug Jaga Pati

Asal nama Jaga Pati diartikan sebagai menjaga kematian. Menjaga kematian disini maksudnya adalah menjaga nyawa di lingkungan hilirnya. Jadi apabila lingkungan tercemar atau lingkungannya rusak, bukan tidak mungkin ekosistem di aliran hilirnya akan terancam, bahkan rusak.

Baca Juga : 5 Daftar Tempat Wisata di Kebumen Jawa Tengah Paling Populer

Lokasi Curug Jaga Pati

Curug Jaga Pati beralamat di Kampung Padarame, Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat dan terletak pada titik koordinat 7°31’20.6″S 107°49’54.5″E. Dari kampung padarame jaraknya sekitar 1.28 kilometer dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan berjalan kaki.

Rute Menuju Curug Jaga Pati

Untuk dapat sampai ke lokasi dapat anda diharuskan untuk melalui trek yang sulit. Tak jarang medan yang terjal dan licin menjadi tantangan anda. Kurangnya penunjuk arah juga menjadi hambatan bagi para wisatawan.

Pengunjung juga diharuskan untuk melewati jembatan yang terlihat rapuh yang terbuat dari bahan bambu. Jembatan ini harus anda lalui agar dapat menyebrangi sungai. Setelah melalui sungai anda juga akan menemukan jalur trekking berupa ilalang yang cukup tinggi.

Perjalanan menuju lokasi memang tidak mudah anda juga diharuskan untuk trekking melewati hutan serta jalanan setapak yang cukup curam. Dari sini jarak Curug Jaga Pati sudah tidak jauh. Lelah anda akan segera terbayarkan setibanya menyaksikan keindahan dari Curug Jaga Pati.

Curug Jaga Pati mulai populer sejak akhir tahun 2015 dan mulai diminati oleh para wisatawan. Meski jalurnya cukup sulit namun hal itu tak menyurutkan niat wisatawan khususnya bagi mereka yang menyukai aktivitas wisata menantang.

Baca Juga : 16 Tempat Wisata di Surabaya Paling Populer yang Wajib Anda Kunjungi

Fasilitas Curug Jaga Pati

Harga Tiket Masuk Curug Jaga Pati

Hingga artikel ini diterbitkan masih belum diketahui apakah ada biaya masuk atau pun biaya lainnya agar dapat sampai ke lokasi. Karena masih tersembunyi dan masih dikelola dengan baik, mungkin belum diberlakukan biaya tiket masuk.

Fasilitas di Curug Jaga Pati

Masih belum ditemukan fasilitas di Curug Jaga Pati. Oleh karenanya jika anda berkunjung sebaiknya untuk membawa segala perlengkapan yang dibutuhkan yaa 🙂

Inilah info wisata Curug Jaga Pati yang menarik untuk dikunjungi. Semoga info wisata yang kami berikan ini dapat bermanfaat bagi sobat yang penasaran akan penampakan Curug Jaga Pati milik Kabupaten Garut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *