Cukang Taneuh : Green Canyon Pangandaran Jawa Barat

Posted on

Green Canyon Pangandaran – Keindahan dari Green Canyon milik Amerika ternyata mampu disaingi oleh Negara kita loh. Ngarai ini terbentuk dari erosi tanah yang diakibatkan oleh sungai Cijulang beribu tahun silam. Pesonanya tentu tak diragukan lagi, pengunjung akan terpukau oleh keindahan alam buatan tangan Tuhan YME ini.

Wisata Cukang Taneuh – Green Canyon Pangandaran Jawa Barat

Wisata Green Canyon Pangandaran

Green Canyon asal Jawa Barat ini memiliki nama asli Cukang Taneuh. Cukang Taneuh dapat diartikan sebagai jembatan tanah. Dinamakan demikian karena diatas lembah dan jurang Green Canyon terdapat jembatan tanah yang digunakan oleh para petani. Jembatan ini merupakan jalur mereka ketika berladang.

Seperti yang telah kami sebutkan diatas bahwa Cukang Taneuh terbentuk akibat erosi aliran sungai Cijulang. Aliran ini menemubus sebuah goa yang memiliki keindahan stalagtit dan stalagmit mengagumkan. Pesona Green Canyon tak hanya sampai disitu saja, kawasan ini diapit pula oleh dua buah bukit batu yang rimbun.

Aliran sungai dengan tebing batu menjadi pemandangan alam yang sangat khas. Viewnya yang begitu alami serta jalur yang menantang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak heran banyak pengunjung yang menyempatkan waktunya untuk datang kemari.

Lokasi Green Canyon Pangandaran

Lokasi Green Canyon Pangandaran

Cukang Taneuh atau Green Canyon ini berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Jalur terdekat adalah melalui Pangandaran yakni hanya berjarak sekitar 31 kilometer. Sedangkan jika sobat bertolak dari Ciamis sekitar 130 meter jauhnya. Beberapa obyek wisata yang juga jaraknya masih berdekatan dengan Cukang Taneuh adalah Batukaras dan Lapangan Terbang Nusawiru.

Untuk dapat mencapai kawasan ini sobat harus berangkat dari dermaga Ciseureuh. Dari dermaga sobat akan diantar dengan perahu kayuh yang banyak disewakan oleh penduduk setempat. Perjalanan kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 40 menit dengan menempuh jarak sekitar 3 kilometer.

Green Canyon Pangandaran 1

Di sepanjang perjalanan sobat akan disuguhi oleh keindahan aliran sungai yang berwarna hijau tosca. Ngarai Hijau inilah yang munkin membuat masyarakat sekitar menyebutnya dengan Green Canyon. Apabila sobat sudah bertemu dengan jeram yang sempit dengan air jernih berwana kebiruan tandanya anda sudah sampai pada pintu gerbang Cukang Taneuh.

Disinilah sobat dapat menikmati keindahan Cukang Taneuh dengan berbagai aktivitas menarik. Pengunjung dapat berenang, menaiki bukit atau bermain air dengan menggunakan ban. Semua aktivitas tersebut dapat anda nikmati dengan ditemani oleh sajian panorama alam yang luar biasa.

Aliran sungai memiliki jalur yang panjang namun arusnya cukup aman bagi para pengunjung. Anda dapat bermain air dan berenang sepuasnya di kawasan ini. Bagi anda yang suka menyelam atau snorekling sobat dapat menyusuri cekungan-cekungan bebatuan yang ada dikawasan ini. Kejernihan airnya akan membawa anda menemukan keindahan ikan-ikan kecil di dasar lubuk.

Tak hanya sampai disitu, jika sobat ingin lebih menguji adrenaline. Sobat dapat menerjunkan diri dari sebuah batu besar dengan ketinggian 5 meter. Sensasi wisata uji nyali tentu akan terasa sangat kental jika sobat menjajal aktivitas wisata yang satu ini. Selain indah ternyata Cukang Taneuh memiliki berbagai aktivitas menarik bahkan menatang. Lengkap sekali bukan ?

Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan ini adalah ketika musim kemarau. Karena ketika musim kemarau aliran sungai memiliki debit yang stabil. Selain itu jika sobat datang pada musim penghujan biasanya aliran air sungai tidak sebening disaat musim kemarau. Warnanya menjadi agak kecoklatan sehingga pemandangan yang disajikan pun kurang indah.

Wisata Green Canyon Pangandaran

Harga Tiket Masuk Green Canyon Pangandaran

Harga tiket yang dikenakan oleh kawasan wisata ini adalah Rp.125.000,- harga ini sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan ketentuan pengelola. Setiap kapal dapat menampung maksimal 6 penumpang.

Jam Operasional Green Canyon Pangandaran

Green Canyon memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti penginapan dan lain-lain yang terletak di kawasan Pangandaran.  Jam operasional untuk kawasan ini adalah pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB. Hal berbeda berlaku pada hari Jumat, karena pada hari ini Cukang Taneuh mulai beroperasi pada pukul 13.00.

Rute Menuju Green Canyon Pangandaran

Beberapa rute yang dapat anda tempuh adalah sebagai berikut :

  • Jakarta atau Bandung > Tasik > Ciamis > Banjar > Pangandaran.
  • Jawa Timur dan Jawa Tengah > Purworejo > Kebumen > Wangon > Banjar > Pangandaran > Ciamis

Demikian pesona yang disajikan oleh kawasan wisata Cukang Taneuh atau yang lebih dikenal dengan Green Canyon dari Jawa Barat. Yuk kunjungi lokawisata ini agar semakin terekpose keindahanya.

Simak terus info wisata hanya di Wisatabagus.net karena kami akan terus menyajikan wisata menarik dan terpopuler dari berbagai daerah di Nusantara. 🙂

Wisata lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *