Wisata Sejarah Candi Surawarna Kediri Jawa Timur

Posted on

Candi Surawarna Kediri – Destinasi wisata di Kediri selanjutnya yang harus anda kunjungi adalah Candi Surawarna Kediri. Obyek wisata sejarah yang menjadi kebanggaan warga kediri ini cukup menarik untuk dibahas. Yuk kupas lebih dalam pesona wisata Candi Surawarna Kediri.

Wisata Sejarah Candi Surawarna Kediri

Sejarah Candi Surawarna Kediri

Candi Surawarna Kediri merupakan sebuah candi peninggalan Pendharmaan Bhre Wengker dari kerajaan Majapahit. Para arkeolog memperkirakan bahwa pembangunan candi ini pada 1.400 M.

Pembangunan Candi Surawarna dilakukan pada 12 tahun setelah kematiannya. Hal ini bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada Raja Pendharmaan. Bangunan ini dibangun tepat pada upacara Srada.

Kibat Nagarakretagama menyebutkan bahwa Candi Surawarna berada di Visnubuvanaputra yang diperuntukan sebagai sebuah tempat pemujaan bagi dewa wisnu. Tempat ini masih termasuk ke dalam wilayah kekuasaan Majapahit

Meski bentuk bangunannya tidak semegah candi lain di Indonesia lainnya. Namun situs sejarah ini sudah seharusnya menjadi kebanggaan warga Kediri. Bangunan berukuran kecil ini memiliki relief yang cantik dan cukup menarik untuk diamati.

Baca juga : Info Lengkap Wisata Pemandian Air Panas Ciparay Bogor ( Ciparay Hot Spring )

Lokasi Candi Surawarna Kediri

Bentuk Bangunan Candi Surawarna

Candi Surawarna memiliki nama asli Wishnubhawanaputra ini berbentuk bujur sangkar dan menghadap ke arah Barat. Candi ini berukuran panjang dan lebar 7.8 x 7.8 meter dengan tinggi 4.72 meter.

Sedangkan untuk pondasi dari bangunan Candi Surawarna terbuat dari batu bata dengan kedalaman 30 cm. Bangunan peninggalan sejarah ini telah dirawat dengan cukup baik oleh 3 orang juru kunci yang rumahnya berada disekitar candi tersebut.

Bagian bawah Candi Surawarna masih cukup baik kondisinya, namun pada bagian atas sudah hampir tidak memiliki sisa. Tidak diketahui bagaimana penyebab rusaknya situs tersebut.

Relief Candi Surawarna

Relief pada Candi Surawarna terlihat sangat cantik dan terdapat beberapa relief yang pengerjaannya begitu halus. Pada kaki Candi Surawarna terdapat relief berupa fabel dan relief tantri.

Sedangkan pada badan Candi Surawarna terdapat relief Arjuna Wiwaha karya Mpu Kanwa yang digubah pada tahun 1035. Terdapat juga relief Bubuksah dan relief Sri Tanjung.

Pada Candi Surawarna terdapat patung besar yang disebut dengan Gana. Patung ini berada dalam posisi duduk dan menyangga bagian atas Candi Surawarna. Gana sendiri merupakan seorang pelayan yang dipilih oleh Dewa Ganesha untuk melayani Dewa Shiwa.

Baca juga : Warso Farm Bogor Jawa Barat – Menikmati Lezatnya Durian di Kebun Durian Warso

Harga Tiket Masuk Candi Surawarna Kediri

Taman Candi Surawarna

Disekekliling bangunan Candi Surawarna terdapat bangunan taman yang cukup terawat. Area taman ini cukup nyaman dan asri untuk sebuah kawasan wisata.

Lokasi Candi Surawarna

Candi Surawarna berlokasi di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur Indonesia. Jika sobat bertolak dari Pusat Kota Kediri, jaraknya sekitar 28 kilometer.

Harga Tiket Masuk Candi Surawarna

Candi Surawarna merupakan situs wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Untuk memasuki wilayah ini juga tidak dikenai biaya apapun. Anda hanya perlu mengisi buku tamu serta memberikan sumbangan seiklasnya.

Demikian informasi Wisata Candi Surawarna di Pare, Kediri yang dapat kami sajikan untuk sobat traveller. Semoga informasi wisata di Wisatabagus.net ini dapat memperluas wawasan wisata anda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *