Balitsa Lembang Bandung – Review Balai Penelitian Tanaman Sayur dan Holtikultura

Posted on

Balitsa Lembang – Lembang Bandung tak henti-hentinya menjadi kiblat wisata di Indonesia. Banyak sekali lokasi wisata yang mengusung konsep modern dan segar sehingga menarik untuk ditelusuri. Satu lagi tempat di Lembang Bandung yang unik mengusung konsep alam yang asri yakni Balai Penelitian Tanaman Sayur Lembang Bandung (Balitsa).

Tempat Wisata Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) Lembang

Balai Penelitian Tanaman Sayur (Balitsa)

Balai Penelitian Tanaman Sayur atau yang populer dengan nama Balitsa Lembang Bandung merupakan sebuah balai penelitian tanaman sayur dan pengembangan holtikultura terbesar di Indonesia.

Daya tarik wisata alam lembang yang asri dan memikat menjadi keunggulan tersendiri bagi kawasan ini. Kawasan ini mengadopsi konsep hutan pinus yang sedang trend dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Suasananya yang sejuk serta udaranya yang segar kian membuat kawasan ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Keunggulan lain dari alai Penelitian Tanaman Sayur Lembang Bandung (Balitsa) ini adalah panorama hutan pinusnya yang mirip dengan yang ada di Luar Negeri.

Para pengunjung gemar sekali melakukan aktivitas fotografi pada spot yang satu ini. Tempatnya yang kece dan instragamble ini sangat sayang untuk dilewatkan. Bahkan banyak dari mereka yang sengaja untuk mengabadikan moment pre-wedding mereka dikawasan ini.

Pada waktu liburan dan akhir pekan kawasan ini cukup ramai oleh para pengunjung dan wisatawan. Wisatawan yang datang tidak hanya dari wilayah Bandung saja melaikan juga banyak yang datang dari Ibukota Jakarta.

Wisatawan yang datang dari Ibukota memilih tempat ini karena suasana yang disuguhkannya sangat kontras dengan nuansa metropolitan yang bising dan padat. Udara khas Lembang yang segar ternyata mampu memberikan sensasi tersendiri.

Baca juga : 17 Tempat Wisata di Bandung Paling Populer

Harga Tiket Masuk Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) Lembang

Daya tarik Balitsa Lembang

Balai Penelitian Tanaman Sayur Lembang memiliki daya tarik yang cukup memikat bagi para wisatawan. Berikut adalah hal menarik di Balai Penelitian Tanaman Sayur Lembang.

Wisata Pendidikan (Edukasi)

Sebagai sebuah balai penelitian tentunya kawasan ini memberikan wisata edukasi berbalut alam bagi para pengunjungnya. Disini anda akan mendapatkan banyak hal tentang tanaman sayuran dan holtikultura.

Para pengunjung secara langsung akan diberitahu tentang proses dan tahapan penelitian tanaman sayuran yang ada dikawasan ini. Jenis sayuran yang ditanam dan dibudidayakan ditempat ini seperti Bawang, Tomat, Timun Jepang (zucchini), Ketimun, Terong, Wortel, Kentang, Jagung, BayamKacang Panjang, Kol, Kubis, Bawang Merah, Bawang Putih, Sawi dan Kacang Tanah.

Wisata Alam

Karena berada di kawasan Lembang yang asri Balitsa Lembang memiliki nuansa alam yang memikat. Wisata edukasi yang ada di Balitsa Lembang ini berbalut wisata alam yang sangat menarik. Bagi pecinta alam tempat ini dapat anda jadikan referensi wisata anda selanjutnya.

Lokasi Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) Lembang

Lokasi Balitsa Lembang

Balai Penelitian Tanaman Sayur Lembang beralamat di Jalan Tangkuban Perahu No 517,Lembang Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Harga Tiket Masuk Balitsa Lembang

Harga tiket masuk yang dikenakan oleh kawasan ini adalah gratis. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp.5.000,- saja. Dengan biaya tersebut anda sudah dapat menikmati wisata alam yang ada dikawasan ini.

Baca juga : Curug Cimahi Bandung | Air Terjun Pelangi yang Sangat Indah di Tanah Sunda

Jam Buka dan Nomor Telepon Balitsa Lembang

Balai Penelitian Tanaman Sayur Lembang hanya di buka pada akhir pekan yakni pada hari Sabtu dan Minggu, mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi Customer Servie Balitsa Lembang pada nomor 022-22786025

Rute Menuju Balitsa Lembang

Kawasan ini snagat mudah ditemukan karena berada dekat dengan obyek wisata populer lainnya di Bandung yakni Hutan Pinus Cikole Lembang. Rutenya adalah melalui Jalur Ledeng menuju Lembang dan Obyek wisata tangkuban Perahu.

Sebelum tiba di obyek wisata Tangkuban Perahu anda akan menemukan Rumah Makan Sindang Reret. Dari Sindang Reret ambil Jalur Kanan yakni pada obyek wisata PAL 16 Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang. Dari sin jaraknya tidak jauh yani hanya 3 kilometer saja.

Inilah info wisata Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) Lembang yang Populer. Sampa jumpa pada artikel selanjutnya di Wisatabagus.net yaa karena kami akan terus menyajikan informasi menarik dari berbagai daerah di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *